Informasi Terbaru Hari Ini

Tips Mudik Lebaran (Idul Fitri) 2016

Tips Mudik Lebaran 2016 | Mudik disaat hari lebaran idul fitri merupakan upacara sakral yang dilakukan semua orang setiap 1 tahun sekali di hari lebaran untuk bertemu dengan orang tua, teman, pacar dan sebagainya. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus anda perhaikan disaat melakukan mudik lebaran di tahun ini, karna keselamatan adalah hal terpenting buat anda para pemudik yang ingin mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing.

Tips Mudik Lebaran (Idul Fitri) 2016

Untuk itu disini saya ingin berbagi Tips Mudik Lebaran Idul Fitri di Tahun 2016 yang bisa disimak langsung tipsnya yang ada di bawah:

- Waktu Berangkat
Jika anda berangkat pagi jam 06:00, Bisa lihat pemandangan, restoran dan bengkel mobil pasti buka, bila mobil tua dan AC kurang bagus anak-anak kasihan akan tersiksa karena panas apalagi kalau macet, sepanjang jalan yang dilewati kita akan ketemu pasar tradisional di kota kecamatan atau kabupaten yang pasti macet, banyak orang menyeberang, becak, sepeda, ojek, dan lainnya, ketemu dengan 'Panitia' Pembangunan Masjid yang minta sumbangan.

Harap hati-hati dengan drum yang ditaruh di tengah-tengah jalan, jangan sampai ngebut melewati mereka. Bagi anda yang berkacamata minus sebaiknya jalan pagi saja.

Berangkat sore atau malam jam 17:00 Tidak bisa lihat pemandangan, hanya restoran dan bengkel 24 jam saja yang buka, anak-anak bisa tidur tidak ribut, tidak panas baik di dalam mobil maupun di luar, tidak ada pasar tradisional, tidak ada Panitia Pembangunan Masjid. Bila kita mau menyalip di tikungan akan kelihatan dari sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Hanya saja kita harus ekstra hati-hati dan jangan sampai mengantuk.

- Bawa Peta Jalur Mudik
Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dan lainnya.

- Cek Kondisi Mobil & Perlengkapan
Sebelum dipakai periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dan lainnya). Jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter, dan sebagainya.

- Packing Barang atau Muatan Dengan Benar
Urutkan barang atau muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muatan tiap kali anda butuh sesuatu.

- Kondisi Tubuh
Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit (sehat). Terutama bagi seorang pengemudi.

-Siapkan Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tidak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah-daerah.

- Membawa Bekal Makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

- Jangan Lupa Bawa HP dan Chargernya
Sebaiknya sebelum berangkat charge HandPhone anda sampai penuh. Untuk daerah atau area tertentu yang Anda lewati akan terjadi "blank spot. untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

- Siapkan Obat-Obatan
Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu. Terutama untuk anak-anak.

- Mengetahui Arus Balik & Pulang
Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik lebaran. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahankan anda?? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Itulah beberapa Tips Mudik Lebaran Idul Fitri 2016 yang bisa kami berikan kepada anda, semoga mudik yang anda lakukan bisa berjalan dengan aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan. Bisa sobat baca juga cara membuat Resep Kue Lebaran Idul Fitri 2016.
Tips Mudik Lebaran (Idul Fitri) 2016 | A-AZ | 5