Informasi Terbaru Hari Ini

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

KKN di Desa Penari
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar | Informasi Terbaru kali ini aaz mau berbagi tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. buat anda yang ingin membuat Contoh Surat Lamaran Kerja untuk anda melamar pekerjaan ke perusahaan yang anda ingin lamar, berikut ini ada beberapa Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar yang bisa anda baca dengan lengkap artikel berikut ini.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Terdapat banyak pendapat mengenai bagaimana menulis surat lowongan kerja yang "baik dan tepat sasaran". Di bawah ini diberikan 5 artikel/tulisan yang mewakili banyaknya pendapat tersebut (artikel ini kami edit agar relatif mudah difahami). Semoga 5 artikel ini dapat membantu anda.

*Contoh Surat 1*

Surat lamaran pekerjaan (kerja) dapat dibuat dengan dua cara yaitu:

    Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (resume, curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model gabungan
    Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak dipakai. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.

Isi surat lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele, langsung mengenai persoalannya.
Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang bersangkutan.

Yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah :

1. Data pribadi pelamar yang meliputi :

    Nama Lengkap
    Tempat dan Tanggal Lahir
    Alamat
    Telepon dan/atau HP
    E-mail (bila ada, tidak wajib)
    Status Perkawinan

    Khusus untuk Nomor Telepon atau Nomor HP tersebut di atas, jangan lupa untuk menuliskannya. Karena perusahaan penerima lamaran anda akan dapat langsung dan dengan cepat menghubungi anda.
    Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP tetangga/family/rekan anda.
    Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.

2. Pendidikan

    Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
    Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah diikuti

3. Pengalaman bekerja

    Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

    Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau instansi yang menawarkan pekerjaan.

    Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah :

    Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
    Foto copy Ijazah terakhir
    Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
    Pas Foto terbaru
    Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
    Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

*Contoh Surat 2*

Berdasarkan riset sosial tentang kemampuan membuat surat lamaran kerja, ada beberapa kesalahan yang kadang terjadi. Sehingga sudah ribuan lamaran kerja anda kirimkan, namun belum ada balasannya. Mungkin salah satu tips di bawah ini adalah masalahnya.

1. JANGAN TERLALU BERTELE-TELE

    Saya sangat tertarik dengan iklan yang dimuat.
    Oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.
    Juga sekalian harapan saya, dengan surat lamaran ini
    kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua.
    Bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi .... ................................

2 BAHASANYA JANGAN SOK GAUL

    Dengan hormat banget , boss !!!
    Halo boss, capee deeehhh !!! apa kabar nich.....?
    Saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong...
    Please...boleh ya.........
    .................................

3 BAHASANYA JANGAN SOK PREMAN

    Gue pernah kerja di kantor bokap,
    tapi gue dikeluarin, setan banget deehhh !!
    Sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo,
    ga usah khawatir soal jabatan deh.....
    Ok deh !! gue tunggu panggilan kerja dari elo.
    ......................................

4 BAHASANYA JANGAN SOK AKRAB

    Dengan hormat,
    Hai apa kabar nih? baik-baik aja kan ?
    Saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
    Semoga Bapak juga baik-baik aja seperti saya disini.
    Ngomong-ngomong gimana kabar anak-anak, sehat kan ?
    Istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat mereka.
    Oya .. hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan Bapak, bisa kan ?
    ................................

5 JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN

    Dgn Hrmt.
    Ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls.
    Sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn.
    Dri thn 1999 - 2004, sy tlh bkj di aptk km farma, di bag cln srv.
    ...............................

6. Jika tidak diminta, JANGAN MENENTUKAN GAJI

    Untuk posisi manajer, saya minta gaji per bulan, 20 juta saja.
    Untuk posisi pengawas lapangan, saya rasa cukup 2 juta per bulan.
    Bila sebagai staf biasa .... gratis deh.
    ................................

*Contoh Surat 3*

Pada divisi bidang HRD atau rekrutmen di berbagai perusahaan, menerima surat lamaran merupakan menu sehari-harinya. Surat lamaran tersebut, baik yang dikirimkan melalui pos atau email, jumlah rata-ratanya bisa 10 s/d 1000 surat per hari (tergantung besar kecilnya perusahaan). Waktu yang terbatas dan pemenuhan kebutuhan perusahaan yang mendesak (speedy customer service) menuntut divisi bidang tersebut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan cermat dalam melakukan sortir dan seleksi.

Surat lamaran sepintas terlihat mudah dan tidak terlalu penting. Namun menulis surat lamaran sebenarnya memerlukan etika. Sebab isi surat lamaran dan kelengkapannya mencerminkan sikap dan kepribadian anda.

Beberapa hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan penulisan surat :

1. Surat yang efektif

    Surat atau email tidak hanya berfungsi sebagai “duta” bagi si pengirim, namun harus mampu menarik perhatian si penerima dengan efektif. Jika surat ditulis secara efektif, kemungkinan untuk mendapatkan balasan yang cukup baik akan semakin besar. Ingat, begitu anda menerima panggilan untuk tes atau interview, berarti anda telah meraih sukses dalam point ini.

2. Perhatikan komposisi surat

    Surat lamaran yang baik tentunya memiliki isi yang berkesinambungan. Bila anda mencantumkan posisi yang anda kehendaki, tunjukkan jati diri anda. Jangan sampai perekrut menilai anda plin-plan setelah membaca surat lamaran anda.

3. Batasi isi surat anda

    Bayangkan bahwa penerima surat anda adalah orang yang sibuk. Selain ia harus menyortir lamaran yang masuk, ia harus mengambil keputusan dengan cepat siapa yang ‘qualified’, siapa yang tidak. Buatlah surat lamaran yang ringkas dan padat tapi tepat sasaran.

4. Bahasa surat

    Ingatlah bahwa anda bukan tengah menulis surat cinta, tetapi surat lamaran kerja yang akan menentukan masa depan anda. Gunakanlah bahasa yang benar, sopan dan mudah diingat. Penting untuk dicatat, bahasa mencerminkan kepribadian anda.

5. Posisi yang sesuai untuk anda

    Sebaiknya anda jangan membuang-buang waktu untuk melamar posisi yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan anda. Fokuskan waktu dan energi anda untuk posisi yang mendekati kualifikasi anda. Dengan demikian anda telah ‘bekerjasama’ dengan perekrut dalam penentuan karir anda.

6. Lakukan pengulangan

    Sempurnakan surat lamaran anda berdasarkan pengalaman, misalnya mengedit beberapa bagian setelah anda diundang untuk tes atau interview. Setiap kali anda selesai mengikuti kegiatan seperti Training atau Seminar, anda bisa tambahkan sebagai referensi untuk mendukung kualifikasi anda.

7. Anda punya "network" ?

    Sebutkan saja. Bila anda mengenal dengan baik pihak-pihak yang bidangnya relevan dengan posisi yang sedang anda lamar, tidak ada ada salahnya anda jadikan sebagai referensi. Biasanya perusahaan-perusahaan tertentu akan melakukan ‘cross-check’ dan tentunya referensi anda akan memiliki nilai tersendiri.

8. Evaluasi

    Tiap kali anda mengirimkan surat lamaran, tidak ada salahnya jika anda membuat salinan atau ‘copy’nya. Berikan catatan jika ternyata anda dipanggil, tes apa yang diberikan dan bagaimana dengan interviewnya. Evaluasi kelebihannya, untuk anda tingkatkan, dan pelajari kekurangannya untuk anda perbaiki.

Itulah info terbaru dari kami mengenai Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk anda.
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar | A-AZ | 5